YAYASAN LEMBAGA PELAYANAN HUKUM SALATIGA

 

KEBERADAAN YLPHS

YLPHS adalah suatu lembaga pelayanan hukum yang dibentuk pada tanggal 18 Mei 1995. YLPHS terbentuk karena ada rasa terpanggil untuk ikut membantu mengatasi permasalahan-permasalahan hukum, baik yang dihadapi oleh organisasi, individu, maupun aspek-aspek yang berkaitan dengan hukum itu sendiri.

Sudah kita maklumi bersama bahwa dewasa ini hukum di Indonesia yang seharusnya dapat menjadi pegangan dan kepastian final atas semua perselisihan, pertentangan, ketidakteraturan, dan ketidakadilan justru berada dalam kondisi yang tidak pasti dan tidak dapat dijadikan pegangan akhir. Selain itu adanya keterbatasan pengetahuan dan penghayatan masyarakat dan organisasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan hukum juga ikut memacu situasi ketidakpastian hukum tersebut.

Permasalahan-permasalahan tersebut sebenarnya tidak hanya berada dan dihadapi oleh warga gereja dan organisasi-organisasi di lingkungan namun juga di seluruh warga masyarakat dan organisasi-organisasi yang ada di Indonesia.

Keberadaan YLPHS diharapkan akan mampu untuk secara mandiri ataupun  bersama-sama pemerintah atau organisasi-organisasi lain mengatasi permasalahan tersebut

TUJUAN YLPHS

Ada tiga tujuan besar yang hendak diwujudkan oleh YLPHS, yaitu :

  1. Terbentuknya suatu wawasan yang benar mengenai hukum yang adil, baik diantara pelaksana organisasi maupun anggota masyarakat. Dari sini diharapkan akan dapat terbentuk adanya kebenaran dan kepastian hukum secara nasional di Indonesia.
  2. Terbentuknya individu-individu, kelompok masyarakat, dan organisasi yang mempunyai dasar-dasar pengetahuan hukum yang adil dan benar, mempunyai kesadaran hukum, dan mampu bertindak dengan dasar hukum yang adil dan benar.
  3. Terbentuknya individu-individu, kelompok masyarakat dan organisasi yang mempunyai kemampuan yang benar dan tangguh untuk melakukan proses hukum di pengadilan.

PROGRAM KERJA YLPHS

1      Program Konseptual

Adalah serangkaian kegiatan yang bermaksud memberikan pemikiran, pertimbangan, dan kritik yang dapat lebih mempengaruhi pemikiran dan wawasan hukum yang adil dan benar bagi masyarakat dan organisasi.

2      Program Preventif

Adalah serangkaian kegiatan yang bermaksud memberikan kesadaran dan kemampuan masyarakat dan organisasi tentang aspek-aspek yang berkaitan dengan hukum.

3      Program Konsultatif

Adalah suatu rangkaian kegiatan yang bermaksud memberikan pertimbangan dan saran bagi anggota masyarakat dan organisasi dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan hukum.

4      Program Advokasi

Adalah serangkaian kegiatan yang bermaksud memberi pertimbangan dan pendampingan bagi anggota masyarakat dan organisasi dalam hal proses hukum diluar atau didalam pengadilan.

KEGIATAN YLPHS

Kegiatan yang telah dilakukan secara lintas AGAMA, DENOMINASI, dan LINTAS SUKU diantaranya adalah :      

1.  Kegiatan Konseptual

-    Memberi masukkan kepada pemerintah dalam rangka pembuatan RUU.

-     Memberikan sejumlah tulisan yang berkaitan dengan hukum.

2.  Kegiatan Preventif

-    Pengembangan kelompok sadar hukum

-    Penyuluhan / pembinaan hukum.

3.  Kegiatan Konsultatif

Memberi konsultasi kepada individu, kelompok, dan lembaga-lembaga yang membutuhkan.

4.  Kegiatan Advokasi

Pendampingan penyelesaian hukum baik diluar maupun didalam pengadilan.

KEPENGURUSAN YLPHS

Ketua                 : Dyah Hapsari Prananingrum, SH,M.Hum

Sekretaris           : Pdt. Bambang Santosa, SH, S.Si

Bendahara          : Dra. Endang Purwanti, MM.

Anggota             : I Made Samiana, SH

                              Susiyanti, SH

PELAKSANA

Administrasi     : Theresia Ary Suwarni.

Penyuluhan      : Ellys Sudarwati, SH.


NOTE:

Apabila Bp/ Ibu/ Sdr Yang Terkasih,  membutuhkan informasi tentang YLPHS dan atau membutuhkan konsultasi dan bantuan hukum, silahkan menghubungi no. telp. Kantor YLPHS : (0298) 327138 dan atau email: ylphs@indo.net.id

Terima kasih.

Salam

Pengurus YLPHS


kirim | cetak | pdf