YAYASAN TAMAN PUSTAKA KRISTEN

Yayasan Taman Pustaka Kristen (Yayasan TPK) memulai pelayanannya sejak tahun 1946, bertempat di Jalan Kwitang No. 22, Jakarta (sekarang ditempati BPK Gunung Mulia). Didirikan oleh Ds. A. Pos, Dr. J. Verkuyl, dan teman-temannya dari Gereja Gereformeerd, dengan tujuan untuk pekabaran Injil melalui media literature (lectuurdienst).

Pada tahun 1952, Yayasan TPK pindah ke Semarang dengan tugas melayani penerbitan literatur berbahasa Jawa, sedangkan BPK Gunung Mulia di Jakarta melayani penerbitan literatur berbahasa Indonesia.

Pada tahun 1959, Yayasan TPK pindah ke Yogyakarta, menempati bangunan yang didirikan di atas tanah milik Pasamuan Kristen Djawa Tengah di Gondokusuman (sekarang GKJ Gongokusuman), beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 69 dan 71, dengan Surat Perjanjian Hak Pakai dan Hak Mendiami, yang isinya Yayasan TPK memiliki Hak Pakai dan Hak Mendiami tanpa batas waktu, selama tempat tersebut dipergunakan untuk kegiatan pekabaran Injil. Bagi penyerahan Hak Pakai dan Hak Mendiami tersebut Yayasan TPK telah memberikan sejumlah uang kerugian kepada Pasamuan Kristen Djawa Tengah di Gondokusuman.

Kemudian pada tahun 1993, berhubung Majelis GKJ Gondokusuman akan menggunakan tempat kegiatan Yayasan TPK di Jalan Jendral Sudirman untuk pembangunan Galeria Mall, maka Yayasan TPK dipindahkan ke Jalan dr. Wahidin No. 38, Yogyakarta, sebagai pengganti tempat lama dengan memperbaharui Surat Perjanjian yang intinya sama dengan Surat Perjanjian tahun 1959, yaitu bahwa Yayasan TPK memiliki Hak Pakai dan Hak Mendiami tempat tersebut dalam waktu tidak terbatas.

Yayasan TPK memiliki unit usaha di bidang penerbitan dan toko buku. Penerbitannya tahun-tahun terakhir telah mengalami kemajuan yang menggembirakan. Kalau tahun-tahun sebelumnya rata-rata hanya menerbitkan 2 judul buku per tahun, mulai tahun 2007 telah terbit 4 judul, tahun 2008 terbit 9 judul, tahun 2009 terbit 7 judul, dan tahun 2010 rencana terbit + 10 judul.

Demikian pula untuk toko buku semakin berkembang dan pelayanannya, selain di wilayah Yogyakarta, juga sampai luar kota, bahkan luar Jawa (Bali, Kupang, Sumatera, Kalimantan, Jayapura).

Semoga pelayanan Yayasan TPK menjadi berkat bagi banyak orang untuk kemuliaan nama Tuhan


kirim | cetak | pdf