KETHOPRAK LITURGI: KISAH PENYALIBAN YESUS

Khotbah Jum'at Agung 2014  kali ini (18/04) tidak dilakukan oleh Pendeta, namun oleh beberapa orang melalui tampilan Kethoprak Liturgi  "KISAH  PENYALIBAN  YESUS"  yang dimainkan oleh  Tim Liturgi Kreatif  GKJ Purworejo (Koordinator:  Dk.Nicolau Legowo), dengan iringan Karawitan Kaum muda GeKaJe (Pelatih Mas Win) dengan  sutradara Pdt. Lukas E. Sukoco.

Alunan musik Karawitan serentak menghentak keras dibarengi dengan teriakan-teriakan prajurit berbaur dengan jeris tangis Maria dkk. Itulah suasanaadegan penyiksaan Yesus oleh Para Prajurit, dan orang banyak di sepanjang jalan dari arah luar menuju ke panggung yang menggambarkan Istana gubernur  Pontius Pilatus. Pengadilan Singkat pun  dilakukan, Pilatus bersikukuh tidak menemukan kesalahan Yesus. Tetapi para Imam Kepala dan Tua-tua Yahudi berkali-kali menekankan bahwa Yesus mengaku MESIAS, Raja Orang Yahudi. Padahal, Raja yang sah adalah Sang Kaisar, maka Yesus adalah pemberontak yg harus dijatuhi hukuman mati.  "Tuanku, Yesus juga menyesatkan rakyat  dengan mengaku dirinya Anak Allah"   teriak seorang Tua-tua. Tak heran, tawaran Pilatus untuk membebaskan Yesus pun ditolak. Mereka malah memilih penjahat besar yang bernama Barnabas agar dibebaskan. Akhirnya, putusan pun dijatuhkan, Yesus dihukum mati dengan penyaliban. 

Sementara itu, Imam-imam Kepala dan para penatua Yahudi yang sedang bergembira, tiba-tiba dikejutkan oleh kedatangan Yudas Iskariot yang menyesal telah menyerahkan Yesus.   Ia mengembalikan uang 30 keping perak hasil pengkhianatannya. Lalu... Penyaliban dilakukan dalam suasan sendu. Alunan gendhing "tlutur"  dengan sinden dan rebab yang melengking lembut  membuat suasana penyaliban bertambah pilu. Yesus wafat di kayu salib, dan diturunkan, dipeluk erat bunda Maria dan Maria Magdalena. Yesus pun dimakamkan.

Tampilan Kethoprak Liturgi KISAH  PENYALIBAN (60 mnt) yangdiliput oleh Kompas TV dan Radio Mitra Fm  kali ini  ternyata  mampu memikat 1.400-an warga jemaat; termasuk Tamu  dari STT Jakarta  (12 org) yang dipimpin oleh Pdt. Septemmy Lakawa, Th.D.  dan  Pdt. Novy Sine,  M.Th.

Sumber:  Pan MPDK GKJ Pwr 2014/ Don-don

 


Gambar Terkait :

Share this :

Berita "Berita Gereja" Lainnya