SYUKURAN HUT GKJ PURWOREJO: JATHILAN DI GEREJA

GEREJA memang  tempat untuk  beribadah secara khusus  bagi umat Kristen, tetapi bukan berati  bahwa harus disakrralkan secara berlebihan, apalagi dikeramatkan. Ternyata tidak. Dalam perspektif baru, gereja adalah bagian dari masyarakat, bersaksi untuk masyarakat dan terlibat  aktif  alam kehidupan bermasyarakat. Pemahaman inilah yang ada sehingga dalam rangka HUT  ke 114  GKJ Purworejo (4 Februari 1900 - 2014) telah diselenggarakan kegiatan Pasar Murah Banget dan Pentas Jathilan di halaman Gereja GKJ Purworejo Pep. Seren (09/2). Tema HUT  kali  ini  adalah "Membangun Kebersamaan Dalam Mewujudkan Gereja yang Bersaksi".

Rumino, Selaku sesepuh di Pep. Seren; sekaligus selaku Ketua Panitia HUT ke 116 GKJ Purworejo, membuka kegiatan dengan doa dan sambutan singkat di hadapan ratusan masayarakat umum yang siap menyerbu pasar murah dan menonton atraksi Kuda Lumping. Kegiatan ini dilakukan  usai ibadah Minggu yang dipimpin oleh Pdt. Sugeng Budi P, GKJ Gandrungmangu Cilacap dalam rangka program tukar pelayanan HUT Sinode GKJ. "Acara ini terselenggara  karena dukungan banyak pihak, baik pihak Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Seren, Komunitas  Kuda Lumping  LANGEN  KUDA  MANUNGGAL desa Seren, Kec Gebang, yang  bekerjasama dengan Panitia HUT 114 th GKJ Purworejo" ungkap Pnt Rumino. "Gereja memang sudah selayaknya dekat dan menjadi  bagian dari masyarakat karena untuk itulah  gereja ada, yakni  bersaksi  di tengah masyarakat umum," tambahnya.

Pepanthan Seren sebetulnya adalah Pos PI-nya GKJ Purworejo dan belum layak disebut pepanthan karena hanya memiliki 15 orang dengan 1 orang Majelis. Namun  untuk memudah koordinasi dan perijinan maka disebutlah Pepanthan Nazareth Seren. Ini adalah  satu-satunya  gedung gereja  yang ada  di wilayah Kecamatan Gebang, Purworejo; yang 99%  beragama Islam.   Hubungan Gereja dan masyarakat yang sangat baik, hingga memungkin 15 orang bisa memiliki  Gedung Gereja sendiri. Relasi Gereja dengan masyarakat, diwujudkan dengan berbagai program seperti: Kenduren HUT Gereja, Pengobatan Gratis sebulan sekali, Kerja Bhakti Masyarakat,  Pasar Murah, dan Kegiatan-kegiatan Kesenian.

Sumber: Pan HUT 114   GKJ  Purworejo


Gambar Terkait :

Share this :

Berita "Berita Gereja" Lainnya