KERAWITAN WIDODO LARAS : REKAMAN DVD/VCD MENGENANG KI NARTO SABDO

Merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) tidak selalu dengan kebaktian khusus, tumpengan, atau kegiatan sosial. Radio komunitas "Mitra Fm" GKJ Purworejo, justru merayakan HUT ke 5  dengan Acara Rekaman DVD/VCD  Karawitan (3/1) bertajuk "Mengenang Ki Nartosabdo, Sang Reformator Budaya". Rekaman DVD/VCD menampilkan Paguyuban Seni Karawitan "Widodo Laras" GKJ Purworejo. Rekaman kali ini diselenggarakan di Joglo Padepokan "Mitra Kinasih", Jl. Jend. Sudirman 11  Purworejo - 54114.

Dk. Bangun Aryati, S.Pd. selaku Diaken, sekaligus juga salah seorang Pengurus Radio MITRA FM, menjelaskan bahwa Radio MITRA FM (107,7 MHz.) telah uji coba siaran sejak 3 Januari 2008. Sejak itu pula proses perijinan berjalan rumit dan lambat. Dan baru akhir 2013 mendapat ijin  resmi dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) melalui Menkominfo RI.  

"Sudah barang tentu hal ini adalah berkat karunia Tuhan semata, oleh sebab itu kami  merayakannya, walau secara sederhana" ungkapnya kalem.

Sementara itu, Direktur Radio "MITRA  FM"  Pdt. Lukas Eko Sukoco, M.Th. menambahkan bahwa selain HUT Radio Mitra FM, 3 Januari 2014 bahwa pada hari yang sama juga memperinati HUT LSM/LDM (Lembaga Diakonia Masyarakat) "Mitra Kasih"  GKJ Purworejo ke 13 (3 Januari 2001 - 2014).  Selain itu  juga HUT CU (Credit Union) "Angudi Laras" Klasis Purworejo  ke 3. (3 Januari 2011 - 2014). Khusus untuk Koperasi  CUAL acara peringatan HUT-nya  dipusatkan di Kantor GKJ Klasis Purworejo, Jl. Jend. Sudirman 38 Purworejo - 54114.

Mengenang Ki Narto Sabdo

Rekaman DVD/VCD Karawitan kali ini, khusus menampilkan Gendhing-gendhing Karawitan Karya Ki Narto Sabdo, seperti: Kendhang Semarang, Gambuh Pangatag, Wohing Aren, Si Kucing, Ojo Dipleroki, Ojo Lamis, Prahu Layar, Gambang Suling, Goyang Semarang, Caping Gunung dll.

Ki Narto Sabdo, aslinya bernama Soenarto; kelahiran Klaten, 25 Agustus 1925; wafat  di Semarang 7 Oktober 1985. Beliau adalah Dhalang ternama, pencipta gendhing/lagu-lagu Jawa  yang sangat prodduktif. Ada 319 lagu yang diciptanya. Yang sangat menarik dan pantas  dikagumi adalah bawah Ki Narto Sabdo kini diakui sebagai Pembaharu dunia pedhalangan di era 80-an. Gebrakannya dalam membuat dan menampilkan lagu-lagu baru ciptaannya, kegigihannya membuat lakon-lakon Carangan (bukan cerita baku), serta  keberaniannya menampilkan humor  sebagai selingan dalam adegan kraton (yang biasanya  kaku dan formal) adalah  hal-hal baru yang  sangat  inspiratif.  

Tentu saja Ki Narto Sabdo kala  itu mendapat kritikan keras dari para seniman sejawatnya. Bahkan ada stasiun RRI di salah satu kota yang  terang-terangan memboikot seluruh karya Ki Narto Sabdo. Namun, ia tidak gentar ia terus tekun berkarya dan menghasilkan banyak perubahan. 

"Sikap pembaharu, pemberani, kreatif, inspiratif  dan pantang menyerah,  itulah yang seharusnya kita teladani  bersama"  tambah Pdt Lukas.

Sementara itu, Paguyuban Seni Karawitan "Widodo Laras" GKJ Purworejo, didirikan sejak 4 Februari 1991, kini  diasuh oleh Ki Suparyono, S.Kar.  dengan Pimpinan Ki JC. Supardi, serta waranggananya adalah  Nyi Menuk, Ni Chita, Nyi Surani, Nyi Handayani, Nyi Bangun Aryati, Nyi Hari Suwantini, Nyi Lilies, serta Nyi Sugiyarti.

Selain melibatkan Paguyuban Seni Karawitan, dalam DVD/VCD  kali ini   ditampilkan  Tari Gambyong, lalu bintang tamu  Bapa Kelik Sumrohadi, S.Sos. MM (mantan Bupati Purworejo)  serta Grup Poenakawan GeKaJe, yang membuat acara kali ini  jadi  semakin menarik. Dirgahayu  Radio MITRA  FM  GKJ Purworejo.

Sumber: Humas Mitra Fm  GKJ Purworejo  (Don-don)


Gambar Terkait :

Share this :

Berita "Berita Gereja" Lainnya