PANDUAN PENULISAN SEJARAH GEREJA LOKAL

Pengantar

Untuk menjawab gawe besar yang disebut penulisan Sejarah Gereja se GKJ yang jumlah jemaat setempatnya lebih dari 280 jemaat  dengan calon penulis voluntir sebanyak itu pula - bahkan bisa lebih - , padahal masing -masing memiliki latar belakang pengetahuan dan ketrampilan yang berbeda, buku panduan ini disiapkan. Keberagaman calon penulis itu merupakan suatu realitas. Ada calon penulis yang berlatar belakang sebagai guru sekolah, mulai dari guru SD,SMP, SMU, bahkan dosen di Perguruan Tinggi, itupun masing-masing dengan latar belakang pendidikan dan pengetahuan yang beragam: kependidikan, sejarah, ekonomi, hukum, sosial, bahkan kalau perlu teologi, teknologi dan komputer-informatika;  belum lagi yang berlatar belakang pekerjaan sebagai petani (petani berdasi), pengusaha, pegawai kantor gereja, pegawai kelurahan dan kecamatan, penyuluh pertanian, wartawan, mungkin juga ada yang berprofesi sebagai pendeta, hakim, jaksa, pengacara, maupun pensiunan berbagai profesi sebelumnya Begitu beragamnya para sukarelawan penulis sejarah ini sehingga bisa dibayangkan betapa anekaragam dan berwarnanya karya sejarah GKJ nantinya. Jujur harus diakui, dari sekian banyak calon penulis sukarela ini, diantaranya boleh diduga sudah sukses meraup pengetahuan penulisan sejarah, mungkin lewat mata kuliah yang diikutinya selama menjadi mahasiswa sejarah, membaca sendiri buku dan literatur tentang penulisan sejarah maupun praktek langsung penelitian dan penulisan sejarah di lapangan. Namun boleh juga diandaikan bahwa pengetahuan itu sangat beragam, bergerak antara plus minus, dan bahkan paling parah justru sama sekali belum pernah mengetahui adanya cara meneliti dan menulis sejarah yang benar, agak benar maupun paling tidak sedikit benar.

Untuk itulah buku kecil yang maunya ditulis dengan gaya populer ini diadakan. Setidak-tidaknya (1) bisa memberi penyegaran bagi sebagian calon penulis - walaupun mungkin justru malah kejenuhan -  karena diantara para calon penulis justru sudah sangat mengenal intisari buku kecil ini, kalau perlu malahan pakar di bidang ini (2) atau  memberi bekal pengetahuan sebagai petunjuk praktis dalam menulis sejarah karena selama ini belum pernah mengenal buku petunjuk semacam ini, (3) dengan bersedia membaca buku kecil ini setidak-tidaknya  bisa nglegakke dan menyenangkan penulisnya bahwa buku kecilnya ada yang mau membaca walaupun dengan terpaksa dan tersiksa sekalipun.

Semoga buku kecil ini ada gunanya, setidak-tidaknya untuk menambah memenuhi isi tas kerja atau perpustakaan pribadi. Sokur ada gunanya untuk menambah pengetahuan dan skill dalam rangka penulisan sejarah gereja.

Wassalam,

Koordinator Penulis

Drs. SH. Soekotjo

Untuk konsultasi tentang Penulisan Sejarah Gereja Lokal dapat menghubungi yang bersangkutan melalui Kantor Sinode GKJ, Salatiga (0298) 326684 dan atau (0298) 322513.

 

 klik tanda  dibawah ini untuk mengunduh


Share this :

Berita "Resensi Buku" Lainnya