ETIKA PELAYAN GEREJA

Buku ini sangat berguna bagi para mahasiswa teologi dan para pelayan gereja. Setelah setengah abad sepi dari pokok bahasan ini, pada dasawarsa lalu muncul ketertarikan baru terhadap etika pelayan gereja. Salah satu alasannya adalah bahwa budaya kita sekarang cepat berubah: etika pendeta menjadi lebih kompleks dalam masyarakat sekarang. Dan faktor lainnya adalah makin meningkatnya pelanggaran moral dalam pelayanan gerejawi yang mencuat ke permukaan.

Penulis mengatakan bahwa zaman kita adalah zaman ketidakpastian etis. Mengutip novel Walker Percy, The Thanatos Syndrome, seorang pelayan (minister) kini menghadapi dilema etis. Menurut Percy :"Zaman ini bukanlah zaman pencerahan, melainkan zaman ketidaktahuan tentang apa yang harus dilakukan." Para politikus, ilmuwan, doker, pebisnis, warga negara biasa, dan pelayan (minister) makin sadar bahwa mereka sedang dalam situasi di mana mereka tidak tahu harus berbuat apa.

Alhasil, etika menjadi industri yang meledak, dan pelanggaran moral menjadi fenomena penting yang lumrah. Kearifan konvensonal tampak makin tidak memadai menghadapi situasi lingkungan, teknologi, politik, enomi, dan sosial kita.

Buku ini punya dua tujuan. Pertama, mengajar para mahasiswa yang mengkhususkan diri menjadi pelayan gereja tentang keunikan peran moral pelayan dan tanggung jawab etis dari panggilan tersebut. Kedua, memberi pernyataan yang jelas kepada para pelayan gereja baik yang baru maupun yang sudah berpengalaman, tentang kewajiban-kewajiban etis yang patut mereka lakukan di zaman sekarang melalui kehidupan pribadi maupun kehidupan profesional mereka.

"Gereja ada dalam keruntuhan etika karena perilaku para pemimpinnya. Hal ini mempermalukan semua orang Kristen. Buku Etika Pelayan Gereja ini menyampaikan persoalan-persoalan tersebut dan menawarkan pertolongan yang jelas, tulus, dan utuh baik para pelayan gereja maupun gereja."

Paul Powell

Dekan Truett Theological Seminary, Baylor University

 

Buku ini bisa menjadi salah satu bahan diskusi/studi/pertemuan pendeta. Selamat memanfaatkan.


Share this :

Berita "Resensi Buku" Lainnya