PERSIAPAN SIDANG RAYA KE XII BMGJ

Bertempat di Bale Wiyata Malang tanggal 24-25 anggota Sekber BMGJ bertemu dengan para pimpinan sinode anggota BMGJ. Pertemuan diagihkan dalam rangka persiapan sidang raya BMGJ ke XII yang akan dilaksanakan di akhir bulan November 2016 bertempat di GITJ Sukodono Jepara.

Pertemuan dua hari tersebut diawali dengan pertemuan pembuatan bahan laporan Sekber Periode XI. Baru hari terakhir dilakukan pertemuan dengan pimpinan sinode untuk agenda khusus persiapan sidang raya BMGJ XII.

Sekber periode XI perlu membuat laporan dalam persidangan November mendatang. Ada beberapa mandat strategis yg dibebankan pada sekber periode ini. Diantaranya adalah:

  1. Penyusunan Renstra BMGJ
  2. Penyempurnaan Pedoman Dasar BMGJ
  3. Penjabaran Renstra dalam Rencana Operasional BMGJ
  4. Dan soal penerbitan dan distribusi Kidung Pasamuan Jawi.

Pertemuan persiapan sidang raya BMGJ XII diharapkan menghasilkan bahan tidak hanya berupa Laporan Sekber periode XI. Melainkan juga adanya usulan atau materi bahasan yang berasal dari setiap anggota BMGJ. Sehingga dengan demikian Persidangan Raya BMGJ XII bisa diharapkan menghasilkan Keputusan-keputusan strategis terkait keberlangsungan Kebersamaan sebagai gereja-gereja berlatar belakang kultur Jawa.

Ada isu besar yang sedang dihadapi lembaga kebersamaan ini, yakni soal relevansi keberadaan BMGJ bagi sinode-sinode anggota. Di satu sisi setiap anggota BMGJ sudah memiliki kerjasama ekumene dengan banyak lembaga baik di tingkat nasional, regional maupun nasional. Jangan sampai kebersamaan dalam BMGJ tidak memberikan nilai Plus bagi anggota. Sebab beban kebersamaan berarti juga beban finansial. Jangan sampai terlalu banyaknya lembaga ekumene yang diikuti oleh anggota justru lebih membuat anggota semakin terbebani.

Isu yang lain terkait dengan relevansi adalah soal pemberian tekanan pada keunikan dan kekhasan kebersamaan ekumene BMGJ yakni berupa kejawaan atau justru mulai membuka relasi dan jejaring dengan semua pihak yang kebetulan punya kepedulian yang sama mengenai topik kejawaan.

Semoga jalannya rapat persiapan dapat berlangsung baik dan benar-benar menghasilkan bahan serta topik yang relevan bagi BMGJ mendatang. su


Share this :

Berita "Berita Lembaga" Lainnya