BAHAN BULAN KELUARGA 2016

Setiap pribadi mengawali kehidupan dari dalam keluarga. Dari sana pembelajaran kehidupan ditawarkan, dijabarkan dan dikembangkan. Nilai-nilai kehidupan yang diajarkan oleh orang tua akan dibawa oleh anak-anaknya mengarungi hidup. Penularan nilai itu terwujud dari interaksi dalam keluarga. 

Melalui tema "Menularkan Nilai Kehidupan" di bulan keluarga 2016 ini LPP Sinode mengajak keluarga-keluarga benar-benar menghayati kembali hal-hal yang dilakukan bersama oleh keluarga setiap hari. Dari kebiasaan dalam berkomunikasi, beribadah, kebersamaan di seputar meja makan dan berbagai rutinitas keseharian ini keluarga diajak menemukan kembali nilai-nilai apa yang selama ini dihidupi oleh keluarga. Dari temuan itu keluarga diajak berefleksi dan melakukan aksi nyata dalam penularan nilai kehidupan. Melalui bahan-bahan bulan keluarga ini pula, jemaat-jemaat yang merupakan persekutuan antar pribadi dan keluarga diajak untuk mendorong setiap keluarga bertumbuh kembang bersama. Agar bahan-bahan ini bermanfaat, jemaat-jemaat dan pengguna bahan perlu memerhatikan setiap arahan. Mengingat bahan ini bersifat panduan, maka bahan ini mesti diolah kembali sesuai konteks jemaat setempat.

LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateg mengucapkan terimakasih atas kerjasama dalam penyusunan bahan bulan keluarga 2016. Team penyusun bahan ini adalah rekan-rekan Bidang Pembinaan Warga Gereja Bapelsin XXVII GKJ dan Departemen Pembangunan Gereja GKI SW Jateng:

1.  Pdt. Elia Dwi Prasetya (Bidang PWG Bapelsin XXVII GKJ)

2.  Pdt. Maria Puspitasari (Bidang PWG Bapelsin XXVII GKJ)

3.  Pdt. Oktavianus Heri Prasetyo Nugroho (Bidang PWG  Bapelsin XXVII GKJ)

4.  Pdt. Yonatan Wijayanto (Departemen PG GKI SW Jateng)

Kami juga berterimakasih kepada Sdr. Kevin Leonardo Jonatan, mahasiswa STT Jakarta yang sedang mengikuti CP 2 di LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng. Berkat kecermatannya membaca bahan-bahan dari para penulis, akhirnya bahan ini menjadi mudah dipahami.

Ada hal yang tidak biasa dalam pelaksanaan Bulan Keluarga kali ini yaitu tidak diterbitkannya bahan PA kategorial [adiyuswa, anak, ramaja dan dewasa]. Bahan-bahan kategorial diubah dengan bahan kegiatan bersama. Harapan dari PA dan kegiatan bersama itu adalah supaya melalui bulan keluarga ini keluarga-keluarga dalam jemaat menghayati kebersamaan dan tidak terbagi dalam kategori anak, remaja, pemuda, dewasa, adiyuswa.

Pada bahan bulan keluarga kali ini, kami juga kembali menyertakan liturgi Perjamuan Kudus dengan mengikutsertakan anak pada Ibadah Pembukaan bulan keluarga. Sebagai catatan, GKI SW Jateng telah menerima Perjamuan Kudus yang mengikutsertakan anak.  Bagi jemaat yang belum melaksanakan Perjamuan Kudus dengan mengikutsertakan anak kiranya dapat menyesuaikan dengan kebiasaan  masing-masing.

Semoga bahan ini bermanfaat.

Yogyakarta, Juli 2016

 

Salam kasih,

PPP LPP Sinode GKJ dan GKI SW Jateng:

Pdt. Darsono Eko Noegroho

Pdt. Wisnu Sapto Nugroho

Pdt. Addi S. Patriabara

Pdt. Murtini Hehanusa  

- Bahan Bulan Keluarga 2016

 - Lampiran Liturgi Minggu ke 5

NB : 27 September 2016, telah di lakukan ralat, pada "Bahan Khotbah Minggu I Bulan Keluarga, 2 Oktober 2016" tertulis Bacaan Injil Yohanes 14:8-17, 25-27 yang benar adalah Lukas  17:5-10


Share this :

Berita "Bahan Pembinaan Rutin" Lainnya