KALENDER GEREJAWI TAHUN 2017

Penanggalan Liturgi Sinode Gereja-Gereja Kristen Jawa 2017

Berdasarkan RCL

Disusun oleh Bidang PWG dan Tim Kotbah Jangkep Sinode GKJ

Tema Pelayanan Sinode GKJ 2016-2019

"Hidup Bersama dalam Keluarga Allah"

(Living together in the household of God, bdk. Ef 2:19-22).

Tema ini merupakan thema Sidang Raya ke-14 CCA (Christian Conferrence of Asia ) dan Sidang Sinode GKJ XXVII di Klasis Citanduy.

2016:     Hidup Bersama sebagai Anggota-anggota Keluarga Allah yang Saling Mencinta

2017:     Hidup Bersama sebagai Anggota-anggota Keluarga Allah yang Beriman

2018:     Hidup Bersama sebagai Anggota-anggota Keluarga Allah yang Berpengharapan

2019:     Hidup Bersama sebagai Anggota-anggota Keluarga Allah yang Berkelimpahan

Tema Pelayanan Sinode GKJ 2017:

Hidup Bersama sebagai Anggota-anggota Keluarga Allah yang Beriman

Menurut Pokok-pokok Ajaran GKJ, beriman atau percaya adalah sikap menerima penyelamatan Allah berlaku atas dirinya. Unsur penting dari beriman atau percaya di antaranya adalah penyerahan diri dan bersyukur. Penyerahan diri penting sebab manusia memang bergantung sepenuhnya pada pertolongan Allah di dalam kematian dan kebangkitan Kristus. Bersyukur diwujudkan dengan menjani hidup penuh kesungguhan untuk menaati firman Allah. (lihat PPAG pertanyaan 49-54) Jadi, beriman atau percaya perlu diwujudkan dalam upaya yang sungguh-sungguh mewujudkan firman Tuhan di dalam kehidupan nyata. Seperti kata Yakobus, iman tanpa perbuatan adalah mati (Yakobus 2:17).

Iman yang kuat dari pribadi-pribadi pengikut Kristus diharapkan akan mewarnai kehidupan bersama (komunal). Jemaat GKJ di tahun 2017 ini akan diajak untuk benar-benar menghayati imannya dan diwujudkan dalam tindakan nyata sehari-hari. Setiap pribadi akan mejadikan perjumpaan dengan yang lain menjadi perjumpaan iman dalam rangka membangun kehidupan. Dengan demikian, tema "Hidup Bersama sebagai Anggota-anggota Keluarga Allah yang Beriman" bukan membuat jemaat GKJ semakin tertutup namun justru semakin terbuka dan ramah kepada segenap insan.

 


Share this :

Berita "Liturgi" Lainnya