KIRAB UNDHUH-UNDHUH 2015

DARI GEREJA UNTUK MASYARAKAT

Hari raya Undhuh-undhuh di lingkungan GKJ Purworejo, digelar sekaligus untuk menyambut HUT kemerdekaan RI dengan kirab budaya (8/08), yaitu arak-arakan gunungan, hasil bumi dan ternak bahkan home industri dilakukan oleh warga gereja, dengan disertai aneka budaya lokal, seperti: jathilan, rampak buto, ndolalak, drum band, kentrung dan thek-thek yang sangat menarik untuk hiburan masyarakat. Berbagai kesenian itu sesungguhnya adalah sumbangan dan kerjasama Gereja dengan masyarakat sekitar untuk mengembangkan dan pelestarian budaya. Kebersamaan Gereja dengan Masyarakat sekitar menjadi semakin nyata. Khusus Gunungan Undhuh-undhuh diperebutkan untuk umum pada acara penutupan, sementara hasil Undhuh-undhuh lainnya dijual murah.

Pasar Murah Undhuh-undhuh 2015 Dari Gereja ke Masyarakat.

Berbeda dengan kebiasaan pada umumnya; Hasil Syukuran Panen Undhuh-undhuh tidak dilelang untuk mendapatkan harga yang berlipat kali ganda lebih mahal untuk kepentingan gereja; melainkan di GKJ Purworejo malah dijual lebih murah untuk masyarakat umum yang membutuhkan (09/8)

Barang-barang dan ternak, seperti: kambing, ayam, menthog, burung, beras, kelapa, aneka buah, dan hasil kerajinan rumah tangga.

"Orang Kristen memang tidak boleh esklusif, kita perlu belajar untuk sungguh-sungguh lebih terbuka dan berperan bagi masyarakat umum secara nyata" ungkap Pdt. Lintang Anggraeni, S.Si.

"Ya, misalnya Beras, di pasaran harganya sekitar Rp.8.000 hingga Rp.12.000 per kilogram, dan dengan kwalitas yang sama, maka kami hanya menjual dengan harga Rp. 5000,- sd Rp. 6000 per kilogram, begitu juga dengan telur, pisang, pepaya, serta aneka hasil pertanian dan perkebunan; semuanya kami jual jauh lebiuh murah" ungkap Pnt. Maryoto, selaku Ketua Majelis GKJ Purworejo, dan tahun depan 2016, kami akan meningkatkan lagi supaya peran gereja di tengah kehidupan masyarakat menjadi lebih nyata lagi" tambahnya

Sementara itu masyarakat umum tampak sangat antusias menyambut Pasar Murah Undhuh-undhuh 2015 dengan sukacita bersama.


Gambar Terkait :

Share this :

Berita "Berita Gereja" Lainnya