BAKTI SOSIAL KLASIS: PEMBAGIAN BIBIT TANAMAN DI GUNUNG KIDUL

Pagi , 5 Desember 2014 program pelaksanaan bakti sosial dari 5 Bapelklas Yogyakarta dan Klaten Barat dilanjutkan. Setelah sebelumnya dengan pengadaan sumur boor dan penyaluran air di daerah Kerjan, Phatuk, Gunungkidul, dan puji Tuhan jernih dan segarnya air dari bawah tanah sudah bisa dinikmati oleh masyarakat tanpa harus jauh-jauh turun ke daerah lain guna mendapat seember air.

Untuk itu adanya air yang baik dari sumur hasil baksos ini harus dijaga, salah satu cara menjaga agar mata air tetap awet adalah dengan diberi pelindung, dan tanaman adalah pelindung yang bagus untuk mata air" demikian ucap Pdt. Anugrah Kristian (GKJ Pugeran)" mewakili pelaksana program baksos dalam sambutannya di depan para warga penerima baksos.

Dalam acara pagi itu secara simbolis diserahkan 625 bibit pohon nangka kepada salah satu warga Dukuh Kerjan yang diwakili oleh Kepala Dukuh sedangkan yang dipercaya menyerahkan dari panitia adalah Bp. Sri Pujo Dwi Laksono (GKJ Pakem) yang juga sebagai bendahara panitia.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon nangka,untuk penanaman disekitar sumur utama dipercayakan kepada Pdt. Juniawan (GKJ Patalan). Namun sebelum itu Pdt Agung Budiarta (GKJ Kebonagung) tak lupa menyampaikan pesan untuk pemberian pupuk dilakukan setelah bibit tersebut terlihat tumbuh hidup dengan munculnya daun-daun mudanya. Apabila dilakukan bersamaan dengan penanaman akan mengakibatkan humus tanah meningkat sehingga bibit yang belum beradaptasi baik akan mati. Rangkaian acara selanjutnya adalah pembagian bibit kepada warga yang sudah dibagi sesuai dengan RT yang ada.

Semoga dengan pemberian bibit nangka ini benar-benar bisa menjadi pelindung bagi mata air kebahagiaan warga dan membantu peningkatan penghijauan serta dikemudian hari, nangka-nangka yang berbuah bisa diolah mrnjadi masakan ciri khas Yogyakarta yaitu Gudeg, sehingga para pengusaha Gudeg tidak perlu repot mengimport nangka dari negara lain, cukup datang ke Kerjan, Pathuk, Gunung Kidul.

(Tiyas-Ngento-Ento)


Share this :

Berita "Berita Gereja" Lainnya