TATA IBADAH HARI DOA ALKITAB 2014

"Lihatlah, Aku Membuat

Semuanya Baru!"

(Wahyu 21  :  5)

 

Tata Ibadah dan Pengantar  Tema Khotbah

 Dalam  Rangka

Hari  Doa  Alkitab

L embaga  Alkitab  In donesia

2014


 Dipersiapkan Oleh: Departemen Penerjemahan LAI

Indonesia dalam format mini adalah gambaran  untuk Bolaang Mongondow. Di sini, suku Minahasa, Bali, Gorontalo, Sangir, Bugis, dan Jawa berkumpul. Mere- ka menetap di sana karena program transmigrasi pemerintah. Keragaman suku dan agama mampu menciptakan kedamaian dan ketenteraman.

Bolaang Mongondow yang luasnya 835.404 ha terletak di sebelah Barat Provin- si Sulawesi Utara. Wilayahnya meliputi dataran tinggi dan dataran rendah  yang terletak antara Kabupaten Minahasa dan Provinsi Gorontalo. Dalam memenuhi kehidupannya sehari-hari, penduduknya banyak yang bercocok tanam di bidang pertanian dan perkebunan, seperti cengkeh, kopi, kelapa dan lada.

Bahasa yang dipakai sehari-hari selain Melayu Manado adalah Bahasa Mongon- dow sendiri. Bahasa Mongondow sendiri dipakai oleh 900.000 orang dan memi- liki 5 dialek, yaitu Lolayan, Dumoga, Lolak, Pasi, dan Ponosakan. Dialek yang pa- ling dipakai secara luas adalah Dumoga. Sementara yang dianggap paling halus adalah Pasi yang dulu dipakai oleh bangsawan dari kerajaan di sini.

Mayoritas agama penduduk Bolaang Mongondow adalah Islam. Kerajaan Islam pernah  berdiri di di wilayah ini dan mencapai kejayaannya pada abad ke-17. Di samping itu terdapat pemeluk  Hindu, Budha, dan Kristen Protestan/Katolik. Gereja  Protestan lokal di daerah  ini bernama Gereja  Masehi Injili di Bolaang Mongondow (GMIBM). GMIBM memiliki wilayah-wilayah pelayanan  di mana anggota jemaatnya masih menggunakan bahasa Mongondow secara aktif.

Kerinduan  jemaat-jemaat ini adalah  membaca  firman  Tuhan  dalam  bahasa mereka sehari-hari. Puji Tuhan, setelah porsion Alkitab dalam bahasa Mongon- dow pernah diterbitkan pada tahun 1932 dan awal Desember 2006, Perjanjian Baru dalam bahasa  Mongondow  pun secara  resmi juga sudah  diliuncurkan di depan jemaat GMIBM.

Setahun setelah PB Mongondow terbit, Sinode GMIBM kembali menghubungi LAI untuk melanjutkan  kerja sama Penerjemahan Perjanjian  Lama (PL) dalam bahasa  Mongondow. Setelah  Tim Penerjemahan PL Mongondow  terbentuk, mereka    langsung  bekerja  melakukan  penerjemahan PL.  Penerjemahan PL Mongondow  telah selesai dan kini LAI siap menerbitkan Alkitab  Mongondow. Dengan tersedianya Alkitab Mongondow ini semoga semakin banyak lagi orang Mongondow  yang tertarik akan firman Tuhan, karena mereka  bisa membaca dan merenungkannya dalam bahasa mereka sendiri.

Kita doakan, kiranya banyak orang tergerak untuk mendukung upaya penerbitan Alkitab dalam bahasa Mongondow ini.

Rekening LAI (a.n Yayasan Lembaga Alkitab Indonesia)

BCA Cabang Matraman Jakarta No. Rek. 3423016261

Bank Mandiri Cabang Gambir Jakarta No. Rek. 1190080000126

 

Untuk mengunduh dapat klik dibawah ini:

*) ada dua file : Tata Ibadah Dewasa dan Tata Ibadah Anak-Remaja.

 


Share this :

Berita "Liturgi" Lainnya