Lembaga Terkait GKJ

YAYASAN KRISTEN TRUKAJAYA

  • Berdiri tanggal 26 Mei 1966, atas prakarsa tokoh-tokoh Gereja (Gereja Kristen Jawa/GKJ) pada waktu itu.
  • Status kelembagaannya berada di bawah Sinode GKJ.
  • Bergerak di bidang penyiapan dan pemberangkatan transmigran [transmigrasi pertama di Pugung Raharjo, Lampung]
  • Pada tahun 80-an hanya bergerak di bidang pelatihan dan penyuluhan untuk calon transmigran [tukang kayu, montir, bengkel elektronik, baby sitter]
  • Pada tahun 1990-1992 vakum kegiatan dan pada bulan April 1992 dimulailah kerja sama dengan EZE Jerman untuk pengembangan masyarakat pedesaan melalui program pertanian, peternakan dan peningkatan ekonomi rakyat.

Trukajaya terkini

  • Kerjasama dengan EZE [yang sekarang berubah menjadi EED] berlangsung sampai sekarang dengan program-program yang lebih bervariasi, antara lain pengembangan ekonomi mikro, industri rumah tangga, peternakan dan biogas, pertanian organik, sistem transportasi pedesaan, rumah sehat, sarana air bersih, irigasi pedesaan, kehutanan dan demokratisasi pedesaan.
  • Sedangkan program yang dilakukan secara mandiri oleh Trukajaya adalah peternakan model penggemukan, micro enterprise development [MED], warung hijau [pasar hasil bumi organik] dan green house.
  • Wilayah kerja Trukajaya terkini ada di 3 kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Semarang [Polobogo, Kalijambe dan Karanggondang], Kabupaten Boyolali [Klari dan Ngampon], dan Kabupaten Grobogan [Rambat, Juworo, Bendo]
  • Selain dengan EED, Trukajaya juga pernah bekerjasama dengan Yayasan Mitra Mandiri Jakarta untuk program pengembangan masyarakat, CIDA Kanada untuk program Gempa Yogya 2006, dan Exxon Mobil untuk program pengembangan masyarakat Aceh.
  • Kerjasama kelembagaan yang pernah dilakukan oleh Trukajaya adalah dengan Petrasa Medan untuk program ekonomi mikro dan biogas, YIS Solo untuk ekonomi mikro, Yayasan Sheep Yogya dan Konsorsium Gempa Yogya untuk program Gempa Yogya dan Unika Soegijapranata Semarang untuk program pengabdian masyarakat.
  • Trukajaya juga memiliki jaringan dengan lembaga lain, yaitu Jaringan Kerja Lembaga Kristen di Indonesia [JK-LPK] dan Jaringan Petani Organik [JPO]
  • Isu program Trukajaya yang kini dilakukan secara intens adalah program pencegahan HIV/Aids bekerjasama dengan LSM lain dan sekolah di Salatiga, pengelolaan lingkungan dan kehutanan bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Grobogan.
  • Contact person:
  • Suwarto
  • Alamat:
  • Jl. Cemara II/65 Salatiga, Telp. [0298] 322433,

                Fax. [0298] 321174, Email: truka@indo.net.id

jpg

YAYASAN TAMAN PUSTAKA KRISTEN

Yayasan Taman Pustaka Kristen (Yayasan TPK) memulai pelayanannya sejak tahun 1946, bertempat di Jalan Kwitang No. 22, Jakarta (sekarang ditempati BPK Gunung Mulia). Didirikan oleh Ds. A. Pos, Dr. J. Verkuyl, dan teman-temannya dari Gereja Gereformeerd, dengan tujuan untuk pekabaran Injil melalui media literature (lectuurdienst).

Pada tahun 1952, Yayasan TPK pindah ke Semarang dengan tugas melayani penerbitan literatur berbahasa Jawa, sedangkan BPK Gunung Mulia di Jakarta melayani penerbitan literatur berbahasa Indonesia.

Pada tahun 1959, Yayasan TPK pindah ke Yogyakarta, menempati bangunan yang didirikan di atas tanah milik Pasamuan Kristen Djawa Tengah di Gondokusuman (sekarang GKJ Gongokusuman), beralamat di Jalan Jendral Sudirman No. 69 dan 71, dengan Surat Perjanjian Hak Pakai dan Hak Mendiami, yang isinya Yayasan TPK memiliki Hak Pakai dan Hak Mendiami tanpa batas waktu, selama tempat tersebut dipergunakan untuk kegiatan pekabaran Injil. Bagi penyerahan Hak Pakai dan Hak Mendiami tersebut Yayasan TPK telah memberikan sejumlah uang kerugian kepada Pasamuan Kristen Djawa Tengah di Gondokusuman.

Kemudian pada tahun 1993, berhubung Majelis GKJ Gondokusuman akan menggunakan tempat kegiatan Yayasan TPK di Jalan Jendral Sudirman untuk pembangunan Galeria Mall, maka Yayasan TPK dipindahkan ke Jalan dr. Wahidin No. 38, Yogyakarta, sebagai pengganti tempat lama dengan memperbaharui Surat Perjanjian yang intinya sama dengan Surat Perjanjian tahun 1959, yaitu bahwa Yayasan TPK memiliki Hak Pakai dan Hak Mendiami tempat tersebut dalam waktu tidak terbatas.

Yayasan TPK memiliki unit usaha di bidang penerbitan dan toko buku. Penerbitannya tahun-tahun terakhir telah mengalami kemajuan yang menggembirakan. Kalau tahun-tahun sebelumnya rata-rata hanya menerbitkan 2 judul buku per tahun, mulai tahun 2007 telah terbit 4 judul, tahun 2008 terbit 9 judul, tahun 2009 terbit 7 judul, dan tahun 2010 rencana terbit + 10 judul.

Demikian pula untuk toko buku semakin berkembang dan pelayanannya, selain di wilayah Yogyakarta, juga sampai luar kota, bahkan luar Jawa (Bali, Kupang, Sumatera, Kalimantan, Jayapura).

Semoga pelayanan Yayasan TPK menjadi berkat bagi banyak orang untuk kemuliaan nama Tuhan

YAYASAN LEMBAGA PELAYANAN HUKUM SALATIGA

 

KEBERADAAN YLPHS

YLPHS adalah suatu lembaga pelayanan hukum yang dibentuk pada tanggal 18 Mei 1995. YLPHS terbentuk karena ada rasa terpanggil untuk ikut membantu mengatasi permasalahan-permasalahan hukum, baik yang dihadapi oleh organisasi, individu, maupun aspek-aspek yang berkaitan dengan hukum itu sendiri.

Sudah kita maklumi bersama bahwa dewasa ini hukum di Indonesia yang seharusnya dapat menjadi pegangan dan kepastian final atas semua perselisihan, pertentangan, ketidakteraturan, dan ketidakadilan justru berada dalam kondisi yang tidak pasti dan tidak dapat dijadikan pegangan akhir. Selain itu adanya keterbatasan pengetahuan dan penghayatan masyarakat dan organisasi tentang hal-hal yang berkaitan dengan hukum juga ikut memacu situasi ketidakpastian hukum tersebut.

Permasalahan-permasalahan tersebut sebenarnya tidak hanya berada dan dihadapi oleh warga gereja dan organisasi-organisasi di lingkungan namun juga di seluruh warga masyarakat dan organisasi-organisasi yang ada di Indonesia.

Keberadaan YLPHS diharapkan akan mampu untuk secara mandiri ataupun  bersama-sama pemerintah atau organisasi-organisasi lain mengatasi permasalahan tersebut

TUJUAN YLPHS

Ada tiga tujuan besar yang hendak diwujudkan oleh YLPHS, yaitu :

  1. Terbentuknya suatu wawasan yang benar mengenai hukum yang adil, baik diantara pelaksana organisasi maupun anggota masyarakat. Dari sini diharapkan akan dapat terbentuk adanya kebenaran dan kepastian hukum secara nasional di Indonesia.
  2. Terbentuknya individu-individu, kelompok masyarakat, dan organisasi yang mempunyai dasar-dasar pengetahuan hukum yang adil dan benar, mempunyai kesadaran hukum, dan mampu bertindak dengan dasar hukum yang adil dan benar.
  3. Terbentuknya individu-individu, kelompok masyarakat dan organisasi yang mempunyai kemampuan yang benar dan tangguh untuk melakukan proses hukum di pengadilan.

PROGRAM KERJA YLPHS

1      Program Konseptual

Adalah serangkaian kegiatan yang bermaksud memberikan pemikiran, pertimbangan, dan kritik yang dapat lebih mempengaruhi pemikiran dan wawasan hukum yang adil dan benar bagi masyarakat dan organisasi.

2      Program Preventif

Adalah serangkaian kegiatan yang bermaksud memberikan kesadaran dan kemampuan masyarakat dan organisasi tentang aspek-aspek yang berkaitan dengan hukum.

3      Program Konsultatif

Adalah suatu rangkaian kegiatan yang bermaksud memberikan pertimbangan dan saran bagi anggota masyarakat dan organisasi dalam aspek-aspek yang berkaitan dengan hukum.

4      Program Advokasi

Adalah serangkaian kegiatan yang bermaksud memberi pertimbangan dan pendampingan bagi anggota masyarakat dan organisasi dalam hal proses hukum diluar atau didalam pengadilan.

KEGIATAN YLPHS

Kegiatan yang telah dilakukan secara lintas AGAMA, DENOMINASI, dan LINTAS SUKU diantaranya adalah :      

1.  Kegiatan Konseptual

-    Memberi masukkan kepada pemerintah dalam rangka pembuatan RUU.

-     Memberikan sejumlah tulisan yang berkaitan dengan hukum.

2.  Kegiatan Preventif

-    Pengembangan kelompok sadar hukum

-    Penyuluhan / pembinaan hukum.

3.  Kegiatan Konsultatif

Memberi konsultasi kepada individu, kelompok, dan lembaga-lembaga yang membutuhkan.

4.  Kegiatan Advokasi

Pendampingan penyelesaian hukum baik diluar maupun didalam pengadilan.

KEPENGURUSAN YLPHS

Ketua                 : Dyah Hapsari Prananingrum, SH,M.Hum

Sekretaris           : Pdt. Bambang Santosa, SH, S.Si

Bendahara          : Dra. Endang Purwanti, MM.

Anggota             : I Made Samiana, SH

                              Susiyanti, SH

PELAKSANA

Administrasi     : Theresia Ary Suwarni.

Penyuluhan      : Ellys Sudarwati, SH.


NOTE:

Apabila Bp/ Ibu/ Sdr Yang Terkasih,  membutuhkan informasi tentang YLPHS dan atau membutuhkan konsultasi dan bantuan hukum, silahkan menghubungi no. telp. Kantor YLPHS : (0298) 327138 dan atau email: ylphs@indo.net.id

Terima kasih.

Salam

Pengurus YLPHS

YAYASAN LEMBAGA PERENCANAAN DAN PEMBINAAN PENDIDIKAN SINODE GKJ INDONESIA (LP3S)

Jl. Soekarno-Hatta 10, Salatiga 50731 - Telp (0298) 326366 Fax (0298) 326366-19

Email: lp3ksinode@gmail.com

I. Pendahuluan

a. Sekilas Tentang Yayasan LP3S

Yayasan LP3S atau Yayasan Lembaga Perencanaan dan Pembinaan Pendidikan Sinode Gereja Kristen Jawa Indonesia, adalah kelanjutan dari Yayasan LPPPK Sinode (Yayasan Lembaga Perencanaan dan Pembinaan Pendidikan Kristen Sinode Gereja-gereja Kristen Jawa dan Sinode Gereja Kristen Indonesia) yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Nomor: AHU-150.AH.01.04. Tahun 2012, tertanggal 18 Januari 2012 tentang Pengesahan Yayasan.

Maksud dan tujuan Yayasan ini adalah di bidang sosial, keagamaan dan kemanusiaan.

Adapun kegiatan Yayasan ini adalah:

  1. Mendampingi dan membina Badan-badan Penyelenggara Pendidikan Kristen asuhannya.
  2. Membantu meningkatkan mutu satuan-satuan pendidikan kristen.
  3. Menyelenggarakan dokumentasi, statistik, penelitian, dan perencanaan untuk keperluan Satuan-satuan Pendidikan Kristen.
  4. Menyelenggarakan musyawarah dengan Badan-badan Penyelenggara Pendidikan Kristen sedikit-dikitnya sekali setahun.
  5. Baik secara sendiri atau bersama-sama dengan yayasan-yayasan lain yang memiliki visi yang sama, mendirikan lembaga-lembaga Pendidikan dan Pengajaran baik formal maupun nonformal.

b. Visi Misi Yayasan LP3S

    Visi  :  Mengantar manusia muda peserta didik menjadi pribadi utuh yang mengasihi Allah dan ciptaanNya.

    Misi  :  Mengembangkan kualitas pendidikan serta spiritualitas pelaku pendidikan dan peserta didik.

 II. Susunan Pembina, Pengurus, Pengawas, Komisi Widya Graha, dan Karyawan LP3S.

II.1. Susunan Pembina LP3S.

Tanggal 10 Juni 2012 Pembina Yayasan Lembaga Perencanaan dan Pembinaan Pendidikan Sinode Gereja Kristen Jawa Indonesia dilantik oleh Sinode GKJ dan Sinode GKI (SW) Jawa Tengah.

Adapun susunan Pembina LP3S adalah sebagai berikut:

Ketua      :  Pdt. Bambang Mulyatno, S.Th.,M.Si.

Sekretaris:  Budi Lazarusli, SH.,MH.

Anggota   :  KRMT. Drs. Suwitadi Kusumodilogo, SH.,MM.,M.Si.

II.2. Susunan Pengurus LP3S

Pengurus LP3S diangkat oleh Pembina LP3S dengan Surat Keputusan Nomor: 021/LP3S/VIII/2012, tanggal 7 Agustus 2012 dan Surat Keputusan Nomor: 145c/LP3S/VII/2013, tanggal 26 Juli 2013.

Adapun susunan Pengurus LP3S adalah sebagai berikut:

Ketua                  :  Prof. J.T. Lobby Loekmono, Ph.D.

Ketua Umum        :  Samuel Suharto, BA.

Sekretaris Umum  :  DR. Bambang Suteng Sulasmono, M.Si.

Sekretaris            :  Prof. DR. W.E. Soetomo, M.Pd.

Bendahara           :  Djoenaidhi Sarwono, SE.

II.3. Susunan Pengawas LP3S

Pengawas LP3S diangkat oleh Pembina LP3S dengan Surat Keputusan Nomor: 022/LP3S/VIII/2012, tanggal 7 Agustus 2012 dan Surat Keputusan Nomor: 145d/LP3S/VII/2013, tanggal 26 Juli 2013.

Adapun susunan Pengawas LP3S adalah sebagai berikut:

Ketua          :  DR. Soegeng Hardiyanto

Anggota       :  Dra. Sulistyowati, M.Sc.

II.4. Susunan Komisi Widya Graha

Komisaris     :  Ketua LP3S

Ketua           :  Atien Sudarmo, SH.

Bendahara    :  Heny Budiyati, BA.

II.5. Pegawai LP3S

Kepala PKP dan P4K            :  Saptono, M.Pd.

Kepala Kantor                     :  Prasetyanti Dwi A., SP.

Staf Administrasi/Keuangan  :  - Sri Aniningsih

                                            - Risalia Novita Sari

                                            - Esti Septiani

Satpam                              :  - JB. Suwandi        -  Ngalimin

                                            - Giar                   -  Kustomo

Pekarya                              :  - Juriyanto

                                             - Yulianto

                                             - Rustiono

                                             - Rachmat Santoso